SELECTED NEWS
BINA SWADAYA, MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT DENGAN PENDEKATAN KEWIRAUSAHAAN SOSIAL PDF Print E-mail
Thursday, 10 October 2013 23:56

Jakarta, 10/10/2013 (Kominfonewscenter) – LSM Bina Swadaya yang telah 45 tahun bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat Indonesia, menyikapi dampak perubahan sosial pada tingkat awal dengan mengembangkan kelembagaan masyarakat bercirikan social entrepreneurship (kewirausahaan sosial), seperti pembentukan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), Koperasi dan Lembaga Keuangan Mikro (LKM).

Demikian dikemukakan pakar kewirausahaan sosial, drs. Bambang Ismawan MS dalam paparan “Kewirausahaan Sosial dan Perubahan Sosial”.

“Saya berpendapat bahwa kewirausahaan sosial (social entrepreneurship) adalah pembangunan sosial dan berkelanjutan dengan solusi kewirausahaan”, kata Bambang.

Menurut Bambang pembentukan tiga lembaga kewirausahaan sosial seperti KSM, Koperasi dan LKM oleh Bina Swadaya memberi dampak perbaikan hidup anggota dan lingkungan sekitarnya.

Bambang menambahkan Bina Swadaya juga melibatkan diri dalam Social Solidarity Economy (SSE/Sistem Ekonomi Solidaritas Sosial) suatu gerakan internasional yang telah dimulai 20 tahun lalu.

SSE telah menyelenggarakan empat kali global conference, masing-masing di Eropa, Amerika Latin dan Afrika, dan tgl.15 sampai 18 Oktober 2013 akan diadakan di Manila.

Dalam upaya pemberdayaan masyarakat melalui pendekatan kewirausahaan sosial, Bina Swadaya berkerjasama dengan Kementerian Perdagangan menganugerahkan Kusala Swadaya, suatu penghargaan kepada para pelaku usaha, motivator, kelompok, para penulis dan media sebagai apresiasi atas perjuangannya yang tanpa mengenal lelah memberdayakan masyarakat melalui semangat kewirausahaan sosial (social entrepreneurship).

Penganugerahan Kusala Swadaya ketiga yang berlangsung di Gedung Langen Palikrama PT Pegadaian Jakarta Kamis (10/10), bertujuan mendorong peningkatan gerakan pemberdayaan masyarakat melalui pendekatan kewirausahaan social, terutama melalui kreativitas produk dan perdagangan berkeadilan.

Anugerah Kusala Swadaya juga ditujukan untuk memotivasi individu dan kelompok guna meningkatkan kualitas kegiatan pemberdayaan masyarakat di lingkungan masing-masing serta menginspirasi masyaakat luas untuk lebih peduli terhadap produk local dan perdagangan berkeadilan dalam upaya mengatasi kemiskinan dan keterbelakangan.

Kategori Kusala Swadaya mencakup Kusala Swadaya Individu, Kelompok, Media Cetak Daerah serta Kusala Swadaya bagi Jurnalis Warga.

Dewan Juri yang terlibat dalam penganugerahan Kusala Swadaya ini antara lain Wakil Menteri Perdagangan Dr.Ir.Bayu Krisnamurti MS, Praktisi Kewirausahaan Prof.Rhenald Kasali Phd, Arswendo Atmowiloto mewakili Budayawan serta tokoh lainnya. (mm)

 

 

Statistik

Members : 27035
Content : 3806
Web Links : 1
Content View Hits : 3012917

Pengumuman

KominfoNewsCenter

Who's Online

We have 9 guests online