SELECTED NEWS
PERBAIKAN PANTURA 25 KM TELAN Rp600 MILIAR TARGET SELESAI 30 JUNI 2014 PDF Print E-mail
Thursday, 29 May 2014 00:00

Jakata, 29/5/2014 (Kominfonewscenter) – Penanganan jalan Pantai Utara Pulau Jawa (Pantura) yang saat ini sedang dilakukan perbaikan ditargetkan 30 Juni 2014 sudah bisa rampung dan dapat digunakan para pemudik.

Demikian dikemukakan Direktur Bina Pelaksanaan Wilayah II Ditjen Bina Marga Kementerian PU Adriananda, seperti diberitakan PKP Kementerian PU, Rabu (28/5).

´Tahun ini, kita fokuskan perbaikan Pantura Jawa Barat sepanjang 25 Km, dan  Jawa Tengah sepanjang 55 Km´ujar Adriananda.

Menurut Adriananda, anggaran untuk renovasi pantura memang besar, namun tidak bisa langsung melakukan perbaikan secara keseluruhan  dalam satu tahun, dari total dana yang mencapai Rp1,8 triliun, baru Rp600 miliar yang digunakan untuk Pantura Jawa Barat dan Rp800 miliar untuk Pantura Jawa Tengah.

Terkait penyebab sering rusaknya jalur Pantura Adriananda mengatakan, salah satu faktornya lalu lintas yang padat dengan dengan tonase besar, dalam satu hari sekitar 40-50 ribu kendaraan bertonase ringan hingga berat melintasi jalur ini, hal itu  yang membuat dilakukan pengecoran hingga pengaspalan secara bertahap dalam satu tahun.

Disamping faktor over loading Jalur Pantura, saat ini pondasi sebagian jalan tersebut sudah rapuh tergerus air laut dan lumpur dari bawah, hal itu juga menjadi penyebab lamanya renovasi jalur pantura. “Kalau atasnya dilakukan pengaspalan hal itu akan lebih cepat rusak.” imbuhnya.

Dengan selesainya jalur rel ganda ia berharap segera berfungsi untuk menambah volume perjalanan kereta api, dan jalan tol Jakarta – Palimanan dapat mengalihkan beban dari jalur pantura, sehingga peremajaan jalur ini bisa cepat selesai.

“Bisa dibilang ini merupakan beban bagi kami, mengingat cost yang sangat besar untuk proyek ini, jadi tidak mungkin kami memperlambat.” katanya. (moh)

 

Statistik

Members : 20424
Content : 3806
Web Links : 1
Content View Hits : 2401715

Pengumuman

KominfoNewsCenter

Who's Online

We have 47 guests online