SELECTED NEWS
POTENSI LISTRIK ENERGI LAUT INDONESIA CAPAI 60 RIBU MW PDF Print E-mail
Friday, 23 May 2014 00:00

Jakarta, 23/5/2014 (Kominfonewscenter) – Potensi listrik yang dapat dihasilkan dari energi laut Indonesia mencapai  60  ribu megawatt (MW).

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Pusat Pengkajian dan Perekayasaan Teknologi Kelautan dan Perikanan (P3TKP), terus mengembangkan energi laut sebagai alternatif sumber energi bagi masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan (BalitbangKP) sebagai salah satu stakeholder nasional dalam penelitian diversifikasi energi dari laut  berperan aktif dalam pengembangan teknologi energi laut,  khususnya energi arus laut (ocean current energy) dan energi panas laut (Ocean Thermal Energy Conversion/OTEC).

Demikian dikemukakan Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C. Sutardjo, di Jakarta, seperti disiarkan Pusdatin KKP, Kamis (22/5).

Menteri Sharif menegaskan, KKP melalui P3TKP Balitbang KP telah menyusun rancangan peta jalan (roadmap) khususnya untuk penelitian dan pengembangan teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut (PLTAL) dan perencanaan untuk OTEC.

Program ini diharapkan dapat mendukung pengembangan dan pemanfaatan energi laut Indonesia.

Kepala Balitbang KP Achmad Poernomo menjelaskan, untuk implementasi double track program litbang teknologi energi laut, KKP telah menginisiasi beberapa kegiatan.

Tahun 2010 untuk skala kecil, P3TKP memulai kegiatan litkayasa energi arus laut (EAL) dengan pemilihan lokasi dan perhitungan potensi EAL di wilayah tertentu.

Tahun 2011, pembuatan desain, dan prototipe Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut (vertical axis drag release single turbine) kapasitas 5 Kw.

Tahun 2012, ujicoba lapangan di outlet Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap  (PLTGU) Perusahaan Listrik Negara Layanan Jawa Bali (PLN-JB) Muara Karang Jakarta Utara.

“Tahun 2103-2014 dilakukan evaluasi teknis performa PLTAL yang telah diujicobakan dan pengembangan PLTAL tipe twin turbine untuk kapasitas 2 x 5 Kw,” ujarnya. (msy)

 

 

Statistik

Members : 20424
Content : 3806
Web Links : 1
Content View Hits : 2401704

Pengumuman

KominfoNewsCenter

Who's Online

We have 32 guests online