SELECTED NEWS
JAKARTA SEBAGAI IBUKOTA ASEAN PDF Print E-mail
Friday, 24 January 2014 00:00

Jakarta, 24/1/2014 (Kominfonewscenter) – Sejak disahkannya Piagam ASEAN, kerja sama ASEAN semakin meningkat, terutama dengan didirikannya berbagai Sekretariat ASEAN, Misi Diplomatik, Duta Besar, serta organisasi internasional untuk ASEAN di Jakarta.

Menurut Kemlu-PTRI ASEAN Jumat (24/1), saat ini hampir seluruh negara anggota ASEAN telah memiliki misi diplomatik khusus untuk ASEAN yang dipimpin  seorang Duta Besar, empat negara mitra wicara juga telah mendirikan misi diplomatik khusus untuk ASEAN.

ASEAN juga telah mendirikan beberapa organisasi internasional sebagaimana dimandatkan oleh Piagam ASEAN di Jakarta, seperti ASEAN Foundation, ASEAN Coordinating Center for Humanitarian Assistance, dan ASEAN Institute.

Wakil Tetap RI (Watapri) untuk ASEAN, Duta Besar Rahmat Pramono saat menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Sekjen ASEAN Le Luong Minh di Jakarta, menyampaikan kesiapannya mendukung kegiatan Sekretariat ASEAN, khususnya dalam rangka mensukseskan Jakarta sebagai ibukota diplomatik ASEAN.

Watapri ASEAN menyampaikan dukungan Pemerintah Republik Indonesia atas penguatan Sekretariat ASEAN di Jakarta, termasuk upaya perluasan Gedung Sekretariat ASEAN. Sambung Watapri ASEAN

“Indonesia siap mendukung operasionalisasi efektif Sekretariat ASEAN, termasuk upaya perluasan Gedung Sekretariat ASEAN.” tambah Pramono.

Sekjen dan Watapri ASEAN juga sepakat terkait perlunya upaya peningkatan pemahaman mengenai ASEAN di seluruh negara anggota, upaya ini penting memandang hakikat pembentukan ASEAN adalah untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Piagam ASEAN, serta prinsip “people-centered ASEAN.”

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah mengangkat Duta Besar Rahmat Pramono sebagai Wakil Tetap Republik Indonesia untuk ASEAN sejak tanggal 1 Januari 2014, menggantikan Duta Besar Ngurah Swajaya yang menjabat sebagai Watapri ASEAN sejak Januari 2010. (mhd)

 

Statistik

Members : 9343
Content : 3806
Web Links : 1
Content View Hits : 1832598

Pengumuman

KominfoNewsCenter

Who's Online

We have 53 guests online